Tanah Longsor Kembali Putuskan Akses Jalan Di Buttuang

Published by admin on

Tribratanews.tanatoraja.sulsel.polri.go.id – Senin tanggal 28 Januari 2020 sekitar pukul 22.00 Wita, bertempat di Kampung Dama’ Lemb. Burasia Kec. Bittuang Kab. Tana Toraja telah terjadi bencana alam Tanah Longsor yang terjadi setelah di wilayah Lemb. Burasia diguyur hujan deras yang cukup lama.

Bencana alam Tanah Longsor dengan luas sekitar 30 Meter dengan Ketinggian sekitar sekitar 60 meter yang membawa material tanah sejauh sekitar 300 meter tersebut mengakibatkan terputusnya Jalan Lembang yang menghubungkan antara kantor Lembang Burasia dengan dua Kampung yakni Kampung Dama’ dan Kampung Kulaya yang dihuni sekitar 80 Kepala Keluarga.

Setelah terputusnya akses jalan menuju ke dua kampung tersebut, warga masyarakat yang hendak menuju ke kantor lembang Burasia harus melalui jalan alternatif melewati Jalan Lembang Kandua’ menuju Jl. Poros Makale Bittuang dan kembali menuju Lemb. Burasia dengan menempuh jarak yang cukup jauh.

Atas terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor tersebut, Pihak Pemerintah Lemb. Burasia berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Tana Toraja kemudian bersama-sama dengan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Aparat Pemerintah Lemb. Burasia dengan BPBD Kab. Tana Toraja mendatangi lokasi Tanah Longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun Material tanah Longsor yang bergeser sejauh sekitar 300 meter tersebut juga mengakibatkan kerusakan tanaman Kopi dan Kakao sebanyak 200 Pohon milik Lk. SOMA@Ambe’ Paladan.

Situasi Lahan/Lokasi terjadinya tanah longsor dengan struktur tanah yang labil serta berada pada tebing/jurang yang cukup terjal sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai jalan raya sehingga kemungkinan besar jalur jalan raya yang rusak akibat tanah longsor tersebut dialihkan ke lokasi/lahan dengan kondisi yang lebih baik.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *