Tumbuhkan Kesadaran Berlalu Lintas di kalangan Pelajar, Dikyasa Lakukan Sosialisasi di SMA Negeri 2 Tator

Published by admin on

Spread the love

Tribratanews.tanatoraja.sulsel.polri.go.id – Satuan Lalu Lintas Polres Tana Toraja melalui unit Dikyasa lakukan sosialisasi  tertib berlalu lintas kepada para pelajar tingkat menengah, sosialiasasi tersebut dilakukan oleh Kanit Dikyasa Aiptu Chairil Tungkagi saat bertindak selaku Pembina Upacara Bendera di SMA NEGRI 2 Tana Toraja. Senin (20/01/2020) pagi.

Saat bacakan amanat, Aiptu Chairil Tungkagi lebih menekankan kepada para pelajar untuk mematuhi Etika Tertib Berlalulintas, patuhi rambu rambu Lalu lintas, dan mengutamakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

“Usia muda terlalu rentan pada hasrat dan keinginan untuk mencoba hal hal baru, termasuk mencoba untuk melakukan pelanggaran pelanggaran lalu lintas, tanpa disadarinya bahwa setiap pelanggaran adalah awal dari terjadinya sebuah kecelakaan “. kata Chairil Tungkagi

Chairil Tungkagi mencontohkan kerentangan usia muda yang cenderung melakukan pelanggaran, “ kita bisa lihat setiap saat di jalan raya, terkadang terlalu sering kita menemukan atau pun melihat anak anak kita yang mengabaikan anjuran Tidak Melawan Arus, dan anjuran tidak mengunakan handphone saat berkendaraan. 

Bahkan kata Dia,  kita juga terlalu sering melihat dan menyaksikan anak anak kita harus berurusan dengan jeratan tilang lantaran kedapatan tidak menggunakan helm, atau karena kedapatan sedang berboncengan dengan temannya yang juga tidak menggunakan helm, dan banyak lagi contoh contoh nyata lainnya.

Dan yang paling memprihatinkan adalah beberapa kejadian laka lantas yang merenggut nyawa pelajar kita lantaran sebuah kecelakaan yang di awali dari suatu pelanggaran.

” Untuk itu, pada kesempatan bertindak selaku pembina upacara, kami Sat lantas polres tana toraja kembali mengajak kepada pelajar pelajar generasi pelanjut kita, mari jadi pelopor keselamatan berlalu lintas, mari memulainya dari diri sendiri, ingat selalu keluarga yang menanti kita kembali dengan selamat saat kita beranjak keluar dari rumah “. Himbau Chairil Tungkagi.

Sementara itu, Kasat lantas Polres Tana Toraja Iptu H. Muh. Nawir yang di konfirmasi,  turut pula memberikan penjelasan, ” guna memupuk kedisiplinan dan kesadaran berlalu lintas para pelajar, memang di butuhkan kegiatan yang bersentuhan langsung seperti hadir disekolah disaat saat tertentu, berinteraksi langsung dengan mereka, membiasakan mereka dengan sosok polisi, dan yang paling penting adalah merubah mindset atau pola pikir mereka yang cenderung untuk mencoba melakukan hal hal yang melanggar ketentuan “.

Kasat Lantas berharap, melalui kegiatan ini para pelajar khususnya di SMA NEGRI 2 Tana Toraja lebih memahami akan pentingnya mematuhi tata tertib berlalu lintas demi keselamatan dalam berkendara di jalan raya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *