Kapolres Tana Toraja Kunjungi Tongkonan Dulang, disambut hangat Tokoh Adat Marinding

Published by admin on

Spread the love

Tribratanews.tanatoraja.sulsel.polri.go.id – Harapan Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto mewujudkan Polri menjadi bagian yang tak terpisahkan ditengah kehidupan masyarakat membawanya berkunjung ke kediaman salah satu tokoh adat masyarakat Toraja di kecamatan Mengkendek Kab. Tana Toraja. Senin (07/01/2020).

Tepatnya di tongkonan dulang Kel. Marinding, Liliek Tribhawono menapakkan kaki bersua langsung dengan dengan Sismay Eliata Tulungallo, beliau ini dikalangan masyarakat toraja di kenal dengan sebutan Pong Era.

Sekilas tentang Pong Era, sosok kharismatik putra Toraja yang berdiri digaris paling depan memperjuangkan eksistensi dari keberadaan budaya asli Toraja yang telah di wariskan secara turun temurun, bahkan tak segan segan Pong Era akan berbicara dengan lantang saat budaya Toraja yang di cintai dan di hormatinya ” di racuni ” oleh perbuatan atau perilaku yang mengatas namakan adat dan budaya Toraja namun menyimpang.

Liliek Tribhawono Iryanto, Kapolres Tana Toraja yang tiba di Tongkonan dulang sekitar pukul 10.00 wita didampingi oleh Kasat Binmas AKP. Yulius Losong dan Kapolsek Mengkendek AKP. Marthen Muni.

Dengan sebuah jabat tangan hangat dari Pong Era, lambang dari awal sebuah jalinan silaturrahmi, Liliek Tribhawono di ajak duduk diatas tongkonan dulang.

Bagi masyarakat Toraja , tongkonan memiliki arti dan makna yang luas, keberadaan tongkonan pun merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari tatanan adat dan budaya Toraja.

Bagi masyarakat Toraja, menyambut dan menjamu tamu di tongkonan merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan yang bernilai tinggi dari tuan rumah kepada tamunya.

Di akui oleh Pong Era, kedatangan Kapolres Tana Toraja ke tongkonan dulang merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan yang luarbiasa bagi rumpun keluarga adat yang bernaung dalam tongkonan dulang di marinding.

” Bagi kami masyarakat adat di marinding, kehadiran Kapolres di tongkonan dulang adalah sebuah bukti perhatian polisi terhadap masyarakat adat toraja, kami apresiasi langkah Liliek Tribhawono Iryanto yang bersedia datang ke kediaman kami dan melihat langsung salah satu sisi dari kehidupan masyarakat adat Toraja “. Ungkap Sismay Eliata Tulungallo atau yang lebih familiar di sebut Pong Era.

Menurut Pong Era, banyak hal yang diperbincangkan olehnya dengan Liliek Tribhawono, ” yang intinya kami apresiasi langkah Kapolres Tana Toraja menyentuh langsung ke tokoh tokoh masyarakat, ini sebuah langkah maju, dan kami berharap masyarakat adat Toraja bersatu menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan sejuk, sebagaimana harapan Kapolres yang di sampaikan kepada kami “. Kata Pong Era kepada awak media.

Sementara itu, di konfirmasi kepada Liliek Tribhawono, Perwira Polisi berpangkat AKBP ini mengatakan hal sederhana.

” Amanah sebagai polisi pengayom masyarakat adalah sebuah tanggung jawab besar, kedatangan kami ke kediamanan orang tua kita Sismay Eliata Tulungallo semata mata bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan masyarakat adat, melalui beliau, saya berharap polisi dapat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat “. Ujar Liliek Tribhawono.

Terkait hal yang di bicarakan dengan Pong Era, Liliek Tribhawono tidak menampik, ” benar, banyak hal yang kami obrolkan, namun itu semua untuk kebaikan bersama yang bermuara pada terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

Kepada awak media, Liliek Tribhawono mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada keluarga tongkonan dulang, yang telah menerima kedatangannya dan mendudukkannya di tongkonan yang menjadi simbol kekerabatan di Toraja.

” Terimakasih kami haturkan kepada keluarga yang ada di tongkonan dulang, terimakasih kami buat orang tua kita Sismay Eliata Tulungallo, mohon doa dan dukungannya, semoga Polres Tana Toraja dapat menjadi Pengayom seutuhnya bagi masyarakat Tana Toraja “. Ujar Liliek Tribhawono akhiri keterangannya.

Liliek Tribhawono bersama dengan personilnya meninggalkan tongkonan dulang dengan membawa harapan terciptanya jalinan silaturrahmi yang kuat antara polisi dengan kalangan masyarakat dan tokoh adat Toraja.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *