Diduga Arus Pendek Listrik, 1 Unit Rumah Panggung Dilahap si Jago Merah

Published by admin on

Polrestanatoraja.com – Personil Polsek Mengkendek dipimpin oleh KA SPK B AIPTU MARTHEN PB bersama Bhabinkamtibmas Aipda Ishak Itan dan Bripka Markus Nopin mendatangi TKP kebakaran rumah yang terjadi pada hari minggu tanggal 02 Januari 2021, sekitar pukul 14.30 Wita bertempat di Rt. Pa’kadongan Dusun Ranteorongan Lemb. Rantedada Kec. Mengkendek Kab. Tana Toraja.

A. Identitas Korban :
– Nama : Yuliana Palanna
– Umur : 45 Tahun
– Pek : Irt

B. Saksi-Saksi :
1. Nama : Albertus Palanna
Umur : 45 Tahun

2. Nama : Ester
Umur 59 tahun

3. Nama : Tangke Sallata
Umur : 48 Tahun

Kronologis kejadian Pada hari minggu tanggal 02 Januari 2022 sekitar pukul 13.30 Wita korban berada di atas lantai dua bagian belakang kemudian tiba-tiba mendengar bunyi-buyian pada bagian depan rumah kemudian korban menujuh sumber bunyi-buyian tersebut dan langsung kaget melihat api sementara menyala pada bagian atas rumah dan memanggil saksi dua bahwa tolong bawakan air ke sini ada api menyala kemudian saksi dua keluar dari pondok di samping rumah tempat menggoreng kopi dan melihat ke atas lantai dua rumah tempat sumber api menyala kemudian saksi dua berteriak minta tolong kepada tetangga untuk bermaksud membantu memadamkan api namun api cepat menjalar pada bagian rumah bagian belakang dan menghabiskan seluruh isi rumah, api berhasil dipadamkan masyarakat secara manual dan di bantu Damkar setelah menghabiskan satu unit bersama seluruh isi pada pukul 15.45 wita.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp 220.500.000,-.

Pada pukul 15.30 Wita personil Polsek Mengkendek menerimah informasih dari masyarakat kemudian menghubungi pemadam kebakaran dan langsung menujuh TKP untuk melakukan TPTKP.

Berdasarkan keterangan korban bahwa di duga penyebab kebakaran diperkirakan karena arus pendek listrik

Warga hanya berhasil menyelamatkan 1 keranjang pakaian korban namun perabot rumah tangga, uang tunai Rp 2.500.000,-, perhiasan emas 10 gr, senilai Rp. 7.000.000,- gabah 25 karung senilai Rp. 12.500.000′-
dan alat rumah tangga lainnya serta perabot rumah tangga.

Rumah permanen namun pada lantai atas berdinding papan sehingga api cepat menjalar.

Personil bersama pemadam kebakaran sementara berlangsung membantu masyarakat hingga termasuk pembuatan pondok sementara untuk tempat menginap korban hingga pada pukul 16.29 Wita, dalam keadaan aman dan kondusif.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *