Treskia R. Datu, Wakili Tana Toraja di Grand Final Lomba Lagu Daerah Sulawesi Selatan

Published by admin on

Spread the love

Polrestanatoraja.com – Putri Tana Toraja, Treskia R. Datu, meraih kesempatan berkompetisi di ajang Grand Final Lomba Lagu Daerah, yang dilaksanakan oleh Polda Sulsel bekerjasama dengan TVRI. Rabu (24/06/2020).

Kepastian Treskia R. Datu, mewakili Tana Toraja di ajang Lomba Lagu Daerah ini di dapatkannya setelah di umumkan oleh tim seleksi dari panitia tingkat Polda Sulsel.

Ketua panitia daerah tingkat Polres Tana Toraja AKP. Abner Sitorus menjelaskan rentetan kegiatan seleksi yang dilakukan panitia daerah sebelum penentuan Treskia R. Datu jadi wakil Tana Toraja di Grand Final Lomba Lagu Daerah Sulawesi Selatan.

” Sebanyak 41 peserta yang mengikuti seleksi yang dilakukan oleh panitia daerah, dalam hal ini panitia Polres Tana Toraja, seleksinya dilakukan selama 2 hari, melibatkan 2 juri dari eksternal, dilaksanakan di Aula Bhayangkara, pelibatan juri eksternal ini bertujuan untuk menghasilkan keputusan obyektif dan berkualitas”. Kata Ketua Panitia Daerah AKP. Abner Sitorus.

Sambungnya lagi, hari pertama tanggal 16 Juni 2020, seleksi di ikuti oleh 41 peserta yang mengikuti seleksi, hasilnya terpilih 10 nama peserta terpilih untuk mengikuti seleksi hari kedua.

” Hari kedua seleksi, tanggal 17 Juni 2020, di ikuti 10 peserta, berkompetisi meraih 2 tiket seleksi tingkat Polda Sulsel, keputusan juri pun menentukan Mey Christin Saalino, dan Treskia R. Datu berhak meraih tiket mengikuti seleksi di tingkat Polda Sulsel “. Ungkap Abner Sitorus.

Keputusan panitia seleksi di tingkat Polda Sulsel, sambung Abner, menyatakan Treskia R. Datu berhak untuk mengikuti Grand Final Lomba Lagu Daerah di studio TVRI bersama 11 peserta yang berasal dari kabupaten lainnya.

” Grand Final Lomba Lagu Daerah Sulawesi Selatan akan dilaksanakan di Studio TVRI pada tanggal 27 Juni 2020 “. Ungkapnya.

Dari capaian yang telah di raih oleh Treskia, Abner Sitorus pun layangkan rasa salut atas kerja keras dari seluruh panitia seleksi tingkat Polres Tana Toraja, ” di butuhkan kerja keras untuk menuntaskan amanah ini, dan itu di tunjukkan oleh dedikasi seluruh panitia seleksi, ini terbukti dengan tingginya partisipasi peserta yang mencapai 41 orang, peserta terbanyak kedua setelah Polres Pinrang yang mencapai 51 peserta “. Ungkapnya.

Dengan torehan 41 peserta lomba lagu daerah yang diseleksi oleh panitia daerah, menurut Abner lagi, merupakan bukti jika Tana Toraja ternyata memiliki bakat dan talenta muda di bidang seni, ia pun berharap agar ajang ajang seni seperti ini terus di gelorakan dengan harapan seni dan budaya Tana Toraja mampu survive, lestari dan terpelihara hingga ke generasi berikutnya.

Tingginya antusias dari peserta seleksi Lomba Lagu Daerah yang dilaksanakan di aula bhayangkara, di apresiasi oleh Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM dengan menganugerahkan trophy, sertifikat, dan hadiah kepada peraih peringkat 1,2 dan 3 pada seleksi yang dilakukan di tingkat panitia daerah.

Apresiasi juga di berikan kepada seluruh peserta seleksi, ” Sertifikat pun kami berikan kepada seluruh peserta seleksi yang dilaksanakan selama 2 hari, dan khusus untuk peraih peringkat 1,2, dan 3, trophy, sertifikat, dan hadiahnya akan diserahkan ke yang bersangkutan pada tanggal 1 Juli 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74, di Mapolres Tana Toraja “. Ungkap Abner.

” Penyerahan sertifikat dilakukan hari ini (24/06) terhadap 6 peserta, selanjutnya serifikat akan diberikan kepada 35 peserta lainnya mulai Kamis besok (25/06) “. Sambungnya.

Penyerahan sertifikat ini berlangsung di ruang lobi Mapolres Tana Toraja, penyerahan dilakukan oleh Kapolres Tana Toraja, Waka Polres Tana Toraja dan Ketua Panitia Daerah Polres Tana Toraja.

Secara khusus, Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta lomba lagu daerah yang mengikuti seleksi di aula bhayangkara Polres Tana Toraja.

” Terimakasih adek adek peserta seleksi lomba lagu daerah, di setiap seleksi tentu ada yang terpilih dan ada yang tidak terpilih, bagi yang belum terpilih, jangan putus asa, teruslah berkarya, pelihara seni Toraja dengan baik, suatu saat nanti adek adek akan mencapai sukses “. Ucap Liliek.

Dan kepada Treskia R. Datu, Putri Tana Toraja yang berhak mengikuti Grand Final Lomba Lagu Daerah, Liliek menitipkan pesan.

” Selamat untuk Treskia R. Datu, ini kesempatan besar untuk mengharumkan nama Tana Toraja di event grand final lomba lagu daerah, Tunjukkan kalau Toraja juga memiliki bakat bakat seni yang tidak kalah dengan daerah lain, selamat berkompetisi, doa dari keluarga besar Polres Tana Toraja menyertaimu “. Ucap doa dari Liliek.

Terakhir, Kapolres Tana Toraja mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan Lomba Lagu Daerah yang dilaksanakan oleh Polda Sulsel.

” Inilah yang diharapkan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, melalui event lomba lagi daerah dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74, lagu lagu daerah di Sulawesi Selatan tetap terjaga dan terus dilestarikan dari generasi ke generasi “. Pungkas Liliek.

Kegembiraan juga turut di rasakan oleh Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae.

Menurut informasi yang di berikan oleh Abner Sitorus, untuk Treskia, Bupati Tana Toraja akan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama mengikuti Grand Final di Makassar.

” Kami turut berdoa, semoga Treskia mampu memberikan yang terbaik, dan mengharumkan nama Tana Toraja “. Kata Nico Biringkanae yang dikutip dari Abner Sitorus

Humas : Polres Tana Toraja


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *