Menyongsong New Normal, Kapolres Tana Toraja Tinjau Kedisiplinan Warga Gunakan Pelindung Diri di Pasar Tradisional Makale

Published by admin on

Spread the love

Polrestanatoraja.com – Menyongsong penerapan new normal sebagaimana yang telah direncanakan oleh pemerintah melalui pidato Presiden Republik Indonesia, Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto S.IK,.M.M meninjau dan melihat langsung kondisi aktifitas warga masyarakat yang sedang berlangsung di pasar tradisional makale, Kab. Tana Toraja. Kamis (28/05/2020), sekitar pukul 10.00 wita.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pemerintah pusat melalui pidato Presiden Republik Indonesia Ir. Djoko Widodo telah mengumumkan kepada warga masyarakat secara menyeluruh terkait penerapan pola hidup “new normal”, pola new normal yang di maksud disini secara garis besarnya adalah kedisiplinan warga masyarakat dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid disaat berbagai pembatasan – pembatasan sosial mulai di longgarkan, sementara tugas dan tanggung jawab mendisiplinkan warga menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid ini di amanahkan kepada TNI dan Polri.

AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto S.IK,.M.M yang melakukan tinjauan langsung kondisi aktifitas masyarakat dipasar makale, di dampingi oleh Kapolsek Makale AKP Yacob Parinding, Kasi Propam Ipda Constantinus LW, bersama Lurah Tondon Mamullu Daniel T S.E, Kabid Linmas Satpol PP Tator Ernita Somalinggi S.sos, dan beberapa personil Bhabinkamtibmas Polsek Makale serta personil Babinsa Koramil Makale, kegiatan ini juga disertai dengan pemberian masker kepada warga yang diketemukan tidak menggunakan masker.

Saat di temui di ruang kerjanya, AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto mengatakan, maksud dan tujuan dari kegiatannya tersebut adalah untuk melihat langsung tingkat kedisiplinan warga dalam mematuhi protokoler kesehatan pencegahan covid saat beraktifias di ruang publik yang pembatasannya sosialnya sudah di longgarkan.

” Pasar tradisonal Makale merupakan salah satu sarana publik yang pembatasan sosialnya sudah dilonggarkan oleh pemerintah setempat, kita perlu tahu apa dan bagaimana tingkat disiplin warga menggunakan sarana proteksi diri seperti masker, kaos tangan, maupun pelindung lainnya sebelum kita menuju pada penerapan pola “new normal ” yang telah di umumkan oleh presiden “. Ungkap Liliek.

Menurutnya, new normal life ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat dengan harapan agar warga dapat secepatnya beradaptasi dengan kondisi tersebut, ” intinya, kebijakan penerpan new normal life ini adalah perubahan pola dan perilaku kita yang menyesuaikan dengan kondisi pandemi corona, tentunya kita akan melihat kondisi aktifitas warga yang kembali normal diantara pembatasan sosial di berbagai aspek yang telah di longgarkan, namun disertai dengan ketentuan protokoler kesehatan pencegahan covid “. kata Liliek.

Terkait kesiapan Polres Tana Toraja menyongsong pemberlakukan new normal, Liliek katakan lagi sebelum new normal life diberlakukan, tentunya ada beberapa hal yang harus dipastikan, antara lain bagaimana tingkat disiplin warga menggunakan masker, jaga jarak aman, pola cuci tangan maupun penggunaan kaos tangan, tentunya juga dibutuhkan informasi informasi dan fakta lapangan yang akan di jadikan bahan masukan sebagai landasan mengambil langkah langkah efektif dan efisien untuk mendisiplinkan masyarakat menerapkan pola hidup “new normal” ditengah pandemi corona.

” Pada dasarnya, jajaran Polres Tana Toraja SIAP mengamankan dan mendisiplinkan warga masyarakat dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid disaat new normal diberlakukan, yang tentunya di dahului dengan berbagai sosialisasi yang di laksanakan kedepannya “. Ujar Liliek dengan optimis.

Senada dengan Kapolres, Kasat Lantas Polres Tana Toraja Iptu H. M. Nawir, S.Sos juga mengungkapkan kesiapannya mendisiplinkan warga masyarakat, ” Kami jajaran sat lantas Polres Tana Toraja siap mendukung penuh kebijakan penerapan new normal melalui kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, salah satunya adalah sosialisasi penggunaan masker bagi pengguna kendaraan, peran dari sat lantas disini sangat penting artinya sebab aktifitas warga yang bergerak dari satu tempat ketempat lainnya adalah dengan menggunakan jalan raya, ini menjadi salah satu sarana yang tepat dan efisien untuk mendisiplinkan warga ” . Ungkap Kasat Lantas saat ditemui di ruang kerjanya.

Berikut di bawah ini Himbauan Kapolres Tana Toraja yang mengajak kepada seluruh warga Tana Toraja untuk disiplinkan diri patuhi protokoler kesehatan pencegahan covid -19.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *