MUSYAWARAH TERKAIT PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SISTEM LENGKAP (PTSL) 2024 DI KELURAHAN LEMO

Published by admin on

Polrestanatoraja – Rabu tanggal 17 Juli 2024 sekitar pukul 10.00 Wita tempat di gedung gereja toraja jemaat lemo Kel. Lemo Kec. Mengkendek Kab. Tana Toraja Bhabinkamtimas Polsek Mengkendek Aiptu Amos manda bersama Kanit Intel Bripka Hendra Prengki menghadiri giat musyawarah terkait pelaksanaan pendaftaran tanah sistem lengkap (PTSL) 2024 yang dilaksanakan oleh kantor pertanahan kabupaten Tana Toraja.

 

Giat musyawarah tersebut dihadiri oleh :

– Camat Mengkendek Aris Payangan B

– Lurah Lemo Fransiska S

– Ketua Tim PTSL BPN Kab. Tator Andi Hamza

– Bhabinkamtibmas Kelurahan Lemo

– Bhabinsa Kelurahan Lemo

– Tokoh masyarakat Kelurahan Lemo

– Tokoh adat Kelurahan Lemo

– Kepala dusun se kelurahan Lemo

– Masyarakat Kelurahan Lemo

 

Bahwa pada awalnya, sekitar bulan Februari 2024 Kantor Pertanahan Kabupaten Tana Toraja melaksanakan program PTSL dan menentukan bahwa salah satu lokasi pelaksanaan program tersebut yakni di Kelurahan Lemo Kec. Mengkendek Kab. Tana Toraja.

Namun setelah penentuan lokasi tersebut, pihak kantor pertanahan kabupaten tana toraja dan kelurahan lemo mendapat somasi dari Tongkonan tampang allo/puang saranga, Bpk. Dahlan K Bangapadang Dkk (salahsatu tokoh masyarakat, tokoh adat dari kelurahan lemo) yang mana isi dari somasi tersebut agar tidak dilakukan program PTSL di kelurahan Lemo dengan alasan bahwa semua tanah yang ada di kelurahan lemo tidak bisa diterbitkan sertifikat karena merupakan tanah tongkonan.

 

Atas dasar situasi di atas, pihak kelurahan lemo dan kantor pertanahan kabupaten Tana Toraja melaksanakan musyawarah dengan mengundang seluruh elemen terkait untuk membicarakan permasalahan tersebut di atas.

 

Adapun hasil musyawarah tersebut yakni program PTSL di kelurahan Lemo tetap akan dilanjutkan, dan hasil musyawarah tersebut dibuat dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh para Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, para kepala dusun se Kelurahan Lemo.

 

Keseluruhan giat berakhir pada pukul 13.00 Wita dalam keadaan aman kondusif, dan selama giat berlangsung dilakukan monitoring dari personil Polsek Mengkendek.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *