Kapolsek Sangalla Menghadiri Musyawarah Keluarga Tatanan Adat

Published by admin on

Polrestanatoraja.com – Pada hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 sekitar pukul 10.05 Wita, Kapolsek Sangalla IPTU MUH. AKSAN SUWARDI menghadiri giat Musyawarah Keluarga Tatanan Adat (Kombongan Ada’) Annan Bottona’ yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sangalla, Kab. Tana Toraja.

Turut Hadir dalam giat tersebut, sbb :
– Camat Sangalla Bpk. Simbong Ranteallo, SH
– Anggota DPRD Kab. Tana Toraja Bpk. Paris Allorerung (Fraksi Nasdem)
– Anggota Koramil06 Sangalla Peltu Agustinus Runtung
– Kepala Lembang Turunan Bpk. Jonos Kadang
– Kepala Lembang Bulian Massa’bu Ibu Yuliana Nipi
– Tokoh Adat (To’ Parenge)
– Tokoh Masyarakat.

Bahwa giat Musyawarah Kombongan Ada’ tersebut di Fasilitasi oleh Camat Sangalla yang membahas tentang Tatanan Adat serta Tugas dan Fungsi Para Pemangku / Pelaku Adat Annan Bottona’ dalam kegiatan adat di wilayah Lembang Bulian Massa’bu dan Lembang Turunan, Kecamatan Sangalla.

Adapun jumlah rumah adat / tongkonan Kaparengesan Annan Bottona’ hasil kesepakatan giat Kombongan Ada’ sebanyak 12 (Dua Belas) Tongkonan Ada’ yang terdiri dari :
1. Tongkonan Pasang
2. Tongkonan Tembamba
3. Tongkonan Paken
4. Banua Sura’
5. Banua Kasalle’
6. Tongkonan Rante
7. Tongkonan Antolong
8. Tongkonan Bamba’
9. Tongkonan Batunna’ Mandila
10. Tongkonan Tondon Bubun
11. Bunga’lalan
12. Tampang Allo

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Sangalla menghimbau kepada para peserta Musyawarah agar tetap menjaga Tatib selama berlangsungnya giat serta menghindari tindakan atau perbuatan yang dapat melanggar hukum guna menciptakan situasi yang aman kondusif.

Pada kesempatan yang sama Kapolsek Sangalla juga menghimbau kepada para pemangku / pelaku adat khususnya Annan Bottona’ apabila adanya kegiatan adat yang tidak sesuai dengan hasil musyawarah Kombongan Ada’ maka tidak akan diberikan Surat Ijin Kegiatan dari Kepolisian dalam hal ini Polsek Sangalla.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *